Rabu, 12 Oktober 2011

kangker

 
Makan terlalu banyak daging merah menyebabkan kanker kolon.
Sejauh ini belum pernah ada ditemukan hubungan langsung antara kanker kolon dengan mengkonsumsi daging merah yang banyak - banyak disini sama dengan setiap hari mengkonsumsi burger. Akantetapi, terlalu banyak mengkonsumsi lemak akan mengacu kepada obesitas yang mana jika tidak diimbangi dengan aktifitas fisik akan meningkatkan risiko kanker, termasuk kanker kolon.
Untuk makan sehat, hindarilah menyantap daging secara teratur. Makanlah lebih banyak sayur dan serat-serat alami untuk memudahkan pencernaan sehingga usus yang merupakan tempat kanker kolon akan menjadi sehat juga. Sebaiknya kalau mau menyantap daging, buang dulu lemaknya sebelum dimasak, dan juga dipanggang atau dibakar akan lebih sehat daripada digoreng atau dibarbekiu karena HAA(Heterocyclic Aromatic Amines) yang terdapat di daging yang dibarkekiu akan menyebabkan kanker hati, kolon, payudara, kulit, prostat dan paru-paru. Semakin lama daging dibarbekiu, semakin banyak produksi karsinogen-bahan yang menyebabkan kanker.
Orang berkulit putih lebih mudah terkena kanker daripada berkulit gelap.
Terus-terusan dibawah sinar matahari bisa meningkatkan resiko kanker kulit, dan orang-orang berkulit putih lebih rentan untuk terbakar matahari. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk orang-orang berkulit gelap yang bertahun-tahun dijemur dibawah sinar matahari. Jadi sebaiknya selalu gunakan pelindung matahari(sun screen). Dan selalu waspada setiap ada perubahan di kulit, misalnya ada bintik yang tidak hilang-hilang setelah 2 minggu. Untuk lebih waspada, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter mengenai pelindung matahari apa yang cocok untuk kulit anda, serta apakah diperlukan kacamata hitam dan pakaian yang sesuai dengan aktifitas anda untuk melindungi anda dari sinar UV.

Kanker tidak hanya menyerang orang tua.
Kanker menyerang segala umur, walaupun jarang sekali ditemukan kasus kanker di usia balita, tetapi semakin bertambah umur, semakin besar resiko terkena kanker. Terutama untuk kanker kolon dan payudara. Yang terpenting agar mengetahui penyebab kanker, dan menghindari aktifitas yang beresiko tinggi seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Pemeriksaan rutin juga perlu. Wanita muda sebaiknya Pap smear secara teratur untuk mengecek kanker serviks.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar